
Dosen dan Mahasiswa program studi (Prodi) Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar kegiatan Pengabdian pemberdayaan Masyarakat “Pelatihan Model Integrasi Kewirausahaan dan Pemasaran Pada Lembaga Sosial Muhammadiyah, Penggerak PKK dan Komunitas Sosial Sahabat Yatim Bantul”di Gedung Induk Kompleks Pemda Parasamya Bantul, Kamis (25/8/2022) siang.
Dalam pelatihan peserta mendapat materi tentang motivasi “Menjadi Wanita Hebat” oleh Ketua TP PKK Bantul, Hj Emi Masruroh yang juga istri Bupati H Abdul Halim Muslih, DR Zunan Setiawan Dosen Prodi MM dengan materi “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan,” Rani Dwi Hapsari S.ST.Ars mahasiswa MM dengan materi “Teknik Pemasaran Produk di Sosial Media” dan Chandra Ardhitama SE juga mahasiswa MM dengan judul materi “Membuat Konten Kreatif Menggunakan Handphone”. Kegiatan diakhiri dengan pemberian beras untuk sahabat yatim dan donasi melalui Lazismu Bantul.
“Program pemberdayaan umat adalah program yang dilaksanakan mahasiswa MM di UAD, kalau di jenjang S1 namanya KKN. Sasaranya adalah masyarakat secara umum,” kata Kepala Prodi MM, DR Aftoni Sutanto.
Tujuan pemberdayaan ini agar peseta lebih meningkatkan kemampuan dirinya. Juga mampu meningkatkan produktifitas, penjualan serta perluasan segmen dan aset.
Sementara Dr Zunan Setiawan mengatakan tren pemasaran saat ini bergeser ke pemasaran digital atau online dan memegang pasar hingga 80 persen. Maka konten kaitan pemasaran digital harus diberikan untuk menambah kemampuan para peserta. Sehingga bisa melakukan update pemasaran secara kekinian.
”Mereka yang mengikuti pelatihan banyak yang telah memiliki produk. Jadi nanti bisa dipasarkan secara digital,”katanya.
Sedangkan Rani mengatakan jika pemasaran digital ini mampu menjangkau sasaran yang lebih luas. Mengingat tidak terbatas ruang dan waktu.
“Dunia itu dalam genggaman. Jadi kami ajarkan bagaimana bisa memasarkan produk menggunakan handphone. Entah melalui status di WA ataupun membuat konten di media sosial,”kata Rani.
Chandra dalam kesempatan tersebut mengajarkan tentang cara pengambilan gambar atau foto menggunakan hape. Dengan gambar yang bagus dan menarik, akan menjadi nilai lebih dalam pemasaran digital.
“Jadi kita gunakan ponsel kita untuk mengambil gambar dengan angle yang bagus dan juga pencahayaan yang cukup sehingga gambar terang. Ini akan menarik saat diaplod atau dipasang distatus,”katanya. Usai mendapat materi, peserta langsung praktek memotret dengan ponsel masing-masing mengambil obyek yang ada di lokasi pelatihan.
Alhamdulillah UAD Meraih Akreditasi UNGGUL
/in Pengumuman /by MM_UADAlhamdulillah, Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 393/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023, Universitas Ahmad Dahlan mendapat Akreditasi “Unggul” Salah satu wujud pengakuan terhadap UAD sebagai Perguruan Tinggi papan atas Di Indonesia. Semoga pengakuan tersebut dapat dipertahankan dan terus menerus ditingkatkan hingga diakui pada tingkat internasional, Aamiin. #weareuad
Ujian Tesis Purnomo
/in Pengumuman /by MM_UADMagister Manajemen pada Sabtu, 5 November 2022 melaksanakan ujian tesis atas nama: Purnomo dan dinyatakan sebagai lulusan ke 99. Ujian tesis dipimpin oleh Dr. Zunan Setiawan, MM sebagai pembimbing pertama dan Dr. Sukardi, MM sebagai pembimbing kedua berhalangan hadir, sehingga digantikan oleh Dr. Salamatun Asakdiyah, M.Si sebagai penguji kedua, dan Dr. Aftoni Sutanto, M.Si. sebagai penguji ketiga. Tesis yang disusun oleh Purnomo berjudul “Anteseden dan konsekuensi komunikasi pemasaran terintegrasi B2C sektor pelumas di Indonesia”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang terdapat dalam komunikasi pemasaran terpadadu secara keseluruhan variabel yang meliputi:orientasi merek, reputasi merek, kepercayaan merek, kesukaan merek, kecintaan merek, kepuasan merek sehingga dalam proses sebuah merek mendapatkan rekomendasi dari pelanggan untuk menjadi pilihan dalam re purchase intention serta menjadikan sebuah rekomendasi merek dalam siklus Integrated marketing communication (IMC).
Hasil dari penelitian ini untuk dapat digunakan sebagai acuan secara manajerial dan implikasinya bagi tenaga pemasar, pembuat keputusan, dan mereka yang tertarik untuk memahami seluruh kondisi asosiasi antara orientasi merek, IMC menguntungkan dan memilki pengaruh terhadap reputasi merek, kepuasan, kesukaan, cinta dan loyalitas untuk meningkatkan niat beli ulang dan rekomendasi merek.
Ujian Tesis Putri Alfia Julia Lingga
/in berita prodi, Event, Pengumuman /by MM_UADMagister Manajemen pada Sabtu, 5 November 2022 melaksanakan ujian tesis atas nama: Putri Alfia Julia Lingga dan dinyatakan sebagai lulusan ke 100. Ujian tesis dipimpin oleh Dr. Agus Siswanto, MM sebagai pembimbing pertama dan Dr. Aftoni Sutanto, M.Si sebagai pembimbing dan penguji kedua, dan Dr. Ema Nurmaya, MM. sebagai penguji ketiga. Tesis yang disusun oleh Putri Alfia Julia Lingga berjudul “MINIMALISASI KETIDAKEFISIENAN PENJADWALAN PRODUKSI PROYEK MOBIL OFFROAD DI PERUSAHAAN LAMBAN GARAGE”
Penelitian ini dibuat untuk memecahkan permasalahan serta mencari solusi untuk meminimalisasi masalah ketidakefisienan yang terjadi pada penjadwalan produksi di industri karoseri mobil offroad Lamban Garage, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Untuk meminimalisasi ketidakefisienan penjadwalan produksi dampak dari overload beban kerja yang menyebabkan terganggu nya kinerja SDM serta jadwal produksi, maka digunakan metode untuk pembagian waktu kerja harian dan borongan untuk bisa mengejar target penyelesaian mobil serta memabantu penjadwalan produksi lebih efisien. Beberapa langkah sistem kerja terbaru terus di evaluasi seperti breafing pagi, rapat divisi dan rapat key person untuk membuat perencanaan strategi sistem kerja membantu penjadwalan produksi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara kepada beberapa narasumber dibantu juga dengan focus group discussion (FGD) beberapa kali untuk membuktikan dan menganalisa data yang terjadi di lapangan. Hasil dari penelitian ini didapatkan strategi untuk meminimalisir ketidakefisienan penjadwalan proses produksi dengan cara sistem kerja borongan dan harian untuk kejar target, namun ada beberapa evaluasi seperti peningkatan beban produktifitas keuangan dan masalah sosial lainnya yang mana dapat dibahas dan diteliti pada penelitian berikutnya.
Untuk meminimalisir ketidakefisienan penjadwalan produksi pada perusahaan Lamban Garage, solusi yang dilakukan yaitu peningkatan kinerja SDM dengan melakukan pelatihan, pendekatan emosional dan yang paling berpengaruh terhadap penjadwalan yaitu metode sistem pekerjaan yang diperbarui dengan sistem harian dan borongan, hal ini berpengaruh sangat besar pada penjadwalan produksi dan timeline project. Begitupun, yang dilakukan dengan pihak eksternal di bidang usaha yang sama, melakukan metode yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja kerja SDM, seperti penambahan karyawan, memberi bonus dan reward, dan melakukan upgrade inject teknologi pada software dan alat produksi untuk mempercepat serta mengefektifkan waktu produksi project mobil offroad.
Sharing Session Trend Digital Marketing 2023 bersama Alumni Magister Manajemen Universitas Ahmad Dahlan
/in berita prodi, Event, Pengumuman /by MM_UADPasar digital semakin mengalami perubahan dinamis karena semakin banyak permintaan akan pengembangan teknologi. Sebagai konsumen berharap dari bisnis berbasis online dan pengalaman pengguna berperan besar dalam menentukan apakah akan membeli layanan atau produk. Pemasaran digital tidak dapat diprediksi, tren datang dan pergi. Pemasar merek tidak perlu mencoba semuanya sekaligus, namun harus berpikiran terbuka terhadap peluang baru dan pola pikir kolaboratif untuk bekerja dengan pembuat konten. Fenomena perubahan trend pemasaran digital menjadi tema acara yang diselengarakan oleh Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022. Acara sharing session the big trends digital pemasaran mengundang Gentrifil Gamastra Chaniago (alumni MM FEB UAD, dosen ITB STEKOM, praktisi bisnis digital), Zunan Setiawan (dosen MM FEB UAD) sebagai moderator. Acara diawali sambutan Aftoni Sutanto (ketua prodi MM FEB UAD) yang mengemukakan bahwa panduan tren pemasaran digital yang kemungkinan akan muncul pada tahun 2023 dan bagaimana tren tersebut dapat memengaruhi upaya pemasaran. Priaku konsumen berbasis pada pemasaran digital menjadi lebih populer, mengarah ke lebih banyak persaingan dan pikiran yang lebih cerah terus mengubah lanskap, jadi beradaptasi dengan pasar yang berubah sangat dipentingkan. Gentrifill menjelaskan bahwa Metaverse dan Web 3.0 kemungkinan besar mengubah pemasaran digital seperti konsep yang akan mengubah cara berinteraksi dalam dunia digital. Selanjutnya Fitro Adilla (Sekhetaris prodi MM FEB UAD) menyatakan bahwa sharing session dengan nara sumber praktisi yang berasal dari alumni akan menjadi kegiatan rutin, sehingga diharapkan akan memberikan keyakinan kebanggaan bergabung bersama MM FEB UAD.
MM FEB UAD MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA KE JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI
/in berita prodi, Event, Pengumuman /by MM_UADPublikasi karya ilmiah merupakan kegiatan yang wajib dilakukan di kalangan akademisi, khususnya dosen dan peneliti. Saat ini, publikasi ilmiah terus digencarkan di perguruan tinggi guna meningkatkan kualitas institusi, mendorong produktivitas dosen, meningkatkan personal branding, dan nilai institusi.
Tak hanya dosen yang perlu melakukan publikasi ilmiah, mahasiswa magister manajemen juga diwajibkan mempublikasikan karya ilmiahnya dalam bentuk artikel jurnal yang menjadi salah satu syarat kelulusan.
Peluang untuk menerbitkan artikel di jurnal nasional maupun internasional terbuka lebar untuk mahasiswa. Melalui pembinaan, pelatihan, dan kolaborasi penelitian bersama dosen pembimbing, mahasiswa bisa ikut menyumbang andil dalam pengembangan ilmu pengetahuan, untuk itu, Program Studi Magister Manajemen FEB UAD, pada Sabtu, 22 Oktober 2022 menyelenggarakan “Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa di Jurnal Nasional Terakreditasi” dengan pemateri M. Ali Fikri, M.Sc, selaku dosen dan pengelola Jurnal Manajemen Bisnis FEB UAD.
Dengan publikasi karya ilmiah mahasiswa, diharapkan dapat memberikan manfaat, berupa: (1) mengasah kemampuan dan kemahiran dalam berargumentasi, (2) meningkatkan team work, (3) meningkatkan kemampuan dalam menjelaskan dan menuliskan suatu masalah, (4) menjadi ajang pembuktian kompetensi diri, (5) berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dan (6) meningkatkan pemahaman mahasiswa alam bidang ilmu tertentu.
PkM Internasional MM FEB UAD ‘Membidik’ Hongkong dan Taiwan
/in berita prodi, Event, Pengumuman /by MM_UADYOGYA – Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Internasional ‘membidik’ calon Ustadz di Hongkong dan Taiwan, Minggu (09/10/2022).
Kegiatan diberi pengantar Dr Abdul Choliq MSi (Ketua PkM Internasional), Dr Aftoni Sutanto MSi (Kaprodi MM-FEB UAD) dan Dr Dini Yuniarti MSi selaku Dekan FEB-UAD. Kegiatan ini juga diberi pengantar Umi Nisa selaku Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Hongkong dan Kellyana selaku Ketua PCIA Taiwan.
Lewat zoom meeting baik Umi Nisa dan Kellyana mengaku senang dengan priogram ini. “Kami pekerja Indonesia di Hongkong punya kebiasaan berkumpul setiap minggu di sini. Kami akan bersemangat dengan PKM Internasional dari UAD,” kata Umi Nisa.
Kaprodi MM-FEB UAD, Dr Aftoni Sutanto MSi dan Dr Abdul Kholiq saat ditemui di kampus 2 UAD, Jalan Pramuka, Kemantren Umbulharjo mengatakan,
program PKM Internasional dosen dan mahasiswa MM-FEB UAD bermitra dengan Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Hongkong dan PCIA Taiwan (Ortom Persyarikatan). “Kegiatan ini fokus penataran Iqro bagi calon ustadz dan ustadzah pembelajar Alquran di Hongkong dan Taiwan,” ujarnya. Dijelaskan Aftoni Sutanto, kegiatan secara link zoom ini diikuti orang Indonesia yang bekerja di Hongkong dan Taiwan.
Ditambahkan Abdul Choliq,, PKM Internasional berlangsung 4 pertemuan, tanggal 9, 16, 23 dan 30 Oktober 2022. Dikelola 4 dosen MM-FEB UAD, Dr Abdul Choliq MSi, Dr Aftoni Sutanto MSi, Dr Fitroh Adilla dan Rai Rake Setyawan PhD. (Jay)
Ujian Tesis Ahmat Nazom Romli
/in berita prodi, Event, Pengumuman /by MM_UADMagister Manajemen pada Kamis, 8 September 2022 melaksanakan ujian tesis atas nama: Ahmat Nazom Romli dan dinyatakan sebagai lulusan ke 95. Ujian tesis dipimpin oleh Dr. Abdul Choliq Hidayat, M.Si sebagai pembimbing pertama dan Dr. Fitroh Adhilla, M.Si., CMA sebagai penguji pertama dan pembimbing ke dua, serta Dr. Ema Nurmaya, MM sebagai penguji ketiga. Tesis yang disusun oleh Ahmat Nazom Romli berjudul “Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri Kota Yogyakarta.”
Tesis yang ditulis bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, motivasi kerja, kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri Kota Yogyakarta yang berjumlah 90 karyawan dan teknik sampling yang digunakan adalah sensus. Uji hipotesis menggunakan multiple regression. Hasil pengujian menunjukkan bahwa budaya organisasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh positif pada kinerja karyawan KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri.
Ujian Tesis Ilham Al Isfahani
/in berita prodi, Event, Pengumuman /by MM_UADMagister Manajemen pada Senin, 5 September 2022 melaksanakan ujian tesis atas nama: Ilham Al Isfahani dan dinyatakan sebagai lulusan ke 94. Ujian tesis dipimpin oleh Dr. Zunan Setiawan, MM sebagai pembimbing pertama dan Rai Rake Setyawan, GDBus., MSA., Ph.D sebagai penguji pertama, serta Dr. Fitroh Adhilla, M.Si., CMA sebagai penguji ketiga. Tesis yang disusun oleh Ilham Al Isfahani berjudul “Analisis Pengaruh Ekuitas dan Peran Mediasi Kepercayaan Terhadap Niat Menulis Ulasan Online di Indonesia.”
Tesis yang ditulis bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand equity yang terdiri dari preference, quality, dan sustainability terhadap intention to write review, brand equity terhadap trust of message dan trust message terhadap intention to write review. Hubungan antar konstruk ini diuji berdasarkan data yang didapat dari kuesioner berbasis online dengan responden sebanyak 260 orang. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan analisis SEM-PLS. Studi ini berkontribusi pada literatur dengan memberikan kerangka teoritis dan bukti empiris untuk menganalisis pengaruh brand equity terhadap intention to write review berbasis online. Adapun hasil yang diperoleh adalah brand equity yang terdiri dari preference, quality, dan sustainability berpengaruh signifikan terhadap intention to write review, brand equity berpengaruh signifikan terhadap trust of message dan trust message berpengaruh signifikan terhadap intention to write review.
Ujian Tesis Dias Candrika Atma Yuliana
/in berita prodi, Pengumuman /by MM_UADMagister Manajemen pada Sabtu, 3 September 2022 melaksanakan ujian tesis atas nama: Dias Candrika Atma Yuliana dan dinyatakan sebagai lulusan ke 93. Ujian tesis dipimpin oleh Dr. Salamatun Asakdiyah, M.Si sebagai pembimbing pertama dan Dr. Taufik Hidayat, M.Ec sebagai penguji pertama, serta Dr. Abdul Choliq Hidayat, M.Si sebagai penguji ketiga. Tesis yang disusun oleh Dias Candrika Atma Yuliana berjudul “Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Transportasi dan Logistik yang Go Public di BEI Tahun 2016-20190 .”
Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh asimetri informasi terhadap manajemen laba dengan good corporate governance sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan transportasi dan logistik go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data kuantitatif dengan sumber data sekunder dan teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan serta dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan transpotrasi dan logistik yang terdaftar di BEI periode 2016-2019 dengan sampel berjumlah 13 perusahaan.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan MRA dengan alat bantu Eviews 12.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Asimetri informasi berpengaruh terhadap manajemen laba. 2) Asimetri informasi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dimoderasi GCG. Hasil koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan angka 25.80% yang berarti manajemen laba mampu dijelaskan oleh asimetri informasi. Dalam hal ini terjadi model analisis regresi moderasi tipe predictor moderasi yang artinya variabel moderasi hanya berperan sebagai predictor dalam hubungan yang dibentuk.
Pengabdian UAD, Dengan Telepon Genggam Bisa Memasarkan Produk
/in berita prodi, Event /by MM_UADDosen dan Mahasiswa program studi (Prodi) Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar kegiatan Pengabdian pemberdayaan Masyarakat “Pelatihan Model Integrasi Kewirausahaan dan Pemasaran Pada Lembaga Sosial Muhammadiyah, Penggerak PKK dan Komunitas Sosial Sahabat Yatim Bantul”di Gedung Induk Kompleks Pemda Parasamya Bantul, Kamis (25/8/2022) siang.
Dalam pelatihan peserta mendapat materi tentang motivasi “Menjadi Wanita Hebat” oleh Ketua TP PKK Bantul, Hj Emi Masruroh yang juga istri Bupati H Abdul Halim Muslih, DR Zunan Setiawan Dosen Prodi MM dengan materi “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan,” Rani Dwi Hapsari S.ST.Ars mahasiswa MM dengan materi “Teknik Pemasaran Produk di Sosial Media” dan Chandra Ardhitama SE juga mahasiswa MM dengan judul materi “Membuat Konten Kreatif Menggunakan Handphone”. Kegiatan diakhiri dengan pemberian beras untuk sahabat yatim dan donasi melalui Lazismu Bantul.
“Program pemberdayaan umat adalah program yang dilaksanakan mahasiswa MM di UAD, kalau di jenjang S1 namanya KKN. Sasaranya adalah masyarakat secara umum,” kata Kepala Prodi MM, DR Aftoni Sutanto.
Tujuan pemberdayaan ini agar peseta lebih meningkatkan kemampuan dirinya. Juga mampu meningkatkan produktifitas, penjualan serta perluasan segmen dan aset.
Sementara Dr Zunan Setiawan mengatakan tren pemasaran saat ini bergeser ke pemasaran digital atau online dan memegang pasar hingga 80 persen. Maka konten kaitan pemasaran digital harus diberikan untuk menambah kemampuan para peserta. Sehingga bisa melakukan update pemasaran secara kekinian.
”Mereka yang mengikuti pelatihan banyak yang telah memiliki produk. Jadi nanti bisa dipasarkan secara digital,”katanya.
Sedangkan Rani mengatakan jika pemasaran digital ini mampu menjangkau sasaran yang lebih luas. Mengingat tidak terbatas ruang dan waktu.
“Dunia itu dalam genggaman. Jadi kami ajarkan bagaimana bisa memasarkan produk menggunakan handphone. Entah melalui status di WA ataupun membuat konten di media sosial,”kata Rani.
Chandra dalam kesempatan tersebut mengajarkan tentang cara pengambilan gambar atau foto menggunakan hape. Dengan gambar yang bagus dan menarik, akan menjadi nilai lebih dalam pemasaran digital.
“Jadi kita gunakan ponsel kita untuk mengambil gambar dengan angle yang bagus dan juga pencahayaan yang cukup sehingga gambar terang. Ini akan menarik saat diaplod atau dipasang distatus,”katanya. Usai mendapat materi, peserta langsung praktek memotret dengan ponsel masing-masing mengambil obyek yang ada di lokasi pelatihan.