Latar Belakang

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960. Saat ini UAD memiliki mahasiswa lebih dari 21.000 orang yang tersebar pada  37 program studi (30 program studi S1, 1 program studi profesi dan 6 program studi S2). Dalam perkembangannya, UAD telah mencanangkan diri sebagai universitas yang bereputasi secara internasional dalam berbagai program akademik. Berbagai prestasi yang diperoleh selama ini menjadi salah satu alasan semakin tingginya kepercayaan masyarakat pada UAD.

Program Studi S2 Manajemen didirikan dengan tujuan memberikan kemanfaatan yang besar bagi institusi, masyarakat dan bangsa, khususnya manfaat terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. Kompetensi sumber daya manusia bidang ekonomi yang saat ini sangat dibutuhkan diantaranya di bidang perbankan dan pemasaran. Pembukaan Program Studi S2 Manajemen akan mendorong terjadinya peningkatan nation competitiveness.

Program Studi S2 Manajemen menggunakan metode pembelajaran yang berbasis pada studi kasus dan riset di berbagai bidang khususnya perbankan dan pemasaran. Karakteristik Program Studi S2 Manajemen di bidang perbankan dan pemasaran terkini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia Indonesia yang lebih professional.

Sejarah Pendirian Magister Manajemen

Program Studi S2 Manajemen dibidangi oleh Tim Task Force dengan surat tugas nomor: F5/105a/A.00/IX/2015 yang dikeluarkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan.  Tim Task Force terdiri dari seluruh dosen manajemen yang terdiri dari Dra Salamtun Asakdiyah, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan. Tim ini diketuai oleh Dr. Aftoni Sutanto, SE., M.Si yang memimpin seluruh pelaksanaan kegiatan. Sebelas anggota Tim Task Force terdiri dari Dyah Fitriani, SE., MM; Tina Sulistyani, SE, MM; Ani Muttaqiyathun, SE., M.Si; Utik Bidayati, SE., MM; Fitroh Adhilla, SE., M.Si.; Drs. Sukardi, MM; Drs. Hendro Setyono, SE., M.Sc; Desta Rizky Kusuma, SE., M.Sc; Deny Ismanto, SE., MM; Rikha Muftia Khoirunnisa, SE., M.Sc. dan Candra Vionela Merdiana, SE., M.Sc.

Tim Task Force mulai beraksi petama kali melakukan studi kelayakan terlebih dahulu. Hasilnya adalah masih terbuka peluang yang sangat besar untuk  pengelolaan sumber daya manusia Indonesia di bidang manajemen dan bisnis sehingga mampu meningkatkan nation competitiveness. Berbekal pengalaman yang panjang dalam penyelenggaraan perguruan tinggi, reputasi serta kepercayaan masyarakat yang tinggi UAD mampu menyelenggarakan Program Studi S2 Manajemen sebagai kontribusi pada layanan kualitas hidup dan pembangunan ekonomi bangsa.

Selanjutnya Tim Task Force melakukan studi banding ke program studi MM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan ditemuai secara langsung oleh Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono sebagai Ketua Program Studi MM UMY. Selanjutnya studi banding ke program studi MM UMS dan disambut dengan baik oleh tim dari MM UMS yang dipimpin Dr. Farid Wajdi, SE., MM. sebagai Ketua Program Studi MM UMS. Studi banding ketiga ke program MM Universitas Prasetiya Mulya Jakarta dan disamput baik dengan oleh Prof. Dr. Andreas Budihardjo Surijah, dan Indria Handoko, Ph.D. selaku ketua program studi MM.

Para ahli yang dihadirkan untuk mendampingi pendirian program studi S2 Manajemen yaitu: Dr. Zaenal Arifin (Pakar Manajemen Keuangan), Dr. Agus Basuki (Trainer Perbankan Nasional), Dr. Era Purwanto (BAN-PT), Wuddy Warsono, CFA (CEO PT. Sucorinvest Central Gani Jakarta), Agus Tri Basuki (Pakar Kurikulum), M.Si. masing-masing worshop di rumuskan untuk menyusun Visi, Misi Tujuan dan sasaran serta RPS matakuliah sampai pada kurikulum. Alhamdulillah kerja keras Tim Task Force menghasilkan proposal usulan pendirian Program Studi S2 Manajemen yang di upload ke sistem. Pada tanggal 3 Oktober 2016 kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan surat keputusan tentang izin pembukaan Program Studi S2 Manajemen di Universitas Ahmad Dahlan.