Webinar dengan tema ‘Big Data for Business Implementation Toward Augment Analystics’ Rai Rake Setyawan HSE GDBus MSA PhD, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) diselenggarakan oleh Prodi S2 Manajemen FEB-UAD, pada Kamis 28/01/2021.

Dr Aftoni Sutanto sebagai Kaprodi Magister Manajemen FEB-UAD memberi sambutan dan dibuka oleh Dr Salamatun Asakdiyah MSi (Dekan FEB-UAD). Webinar melalui Zoom Cloud Meeting tersebut dipandu moderator oleh Dr Ema Nurmaya MM (dosen FEB-UAD).

Menurut Rai Rake Setyawan, Big data bukan jumlah data yang penting, tindakan atau olahan dengan data itu yang penting. “Big data dapat dianalisis demi pemahaman yang mengarah pada keputusan dan gerakan bisnis strategis yang lebih baik,” ujarnya. Big data adalah istilah yang menggambarkan suatu volume dari besarnya data, baik
terstruktur maupun tidak terstruktur yang terjadi dalam bisnis sehari-hari. Dalam dunia bisnis, Big data dapat membantu perusahaan berinovasi dengan mempelajari hubungan antara manusia, lembaga, entitas dan proses.

Dalam konteks ini, Big data menjadi salah satu cara untuk melakukan inovasi dunia bisnis. Bisa memetakan bisnis hubungannya dengan manusia, lembaga, entitas dan proses. Dari empat hubungan tersebut akan menentukan cara baru untuk menggunakan pengetahuan baru. Perusahaan bisa menggunakan data insight untuk meningkatkan
keputusan tentang pertimbangan keuangan dan perencanaan. “Perusahaan dapat memperhatikan tren dan apa yang pelanggan inginkan pada produk atau layanan baru,” ujarnya.

Rai Rake Setyawan menjelaskan apa itu data digital, data kualitatif, data kuantitatif, data lapangan. Dijelaskan, data merupakan keterangan yang benar dan nyata, dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Digital data yang berhubungan dengan angka untuk sistem perhitungan tertentu.

Selain itu, kualitatif data tidak terbentuk angka yang diperoleh dari rekaman, pengamatan, wawancara atau bahan tertulis. Sedangkan kualitatif data berbentuk angka yang diperoleh dari perhitungan data kualitatif. Data lapangan, kumpulan data yang diperoleh dengan cara melakukan pengukuran langsung, tidak menggunakan satelit. Data
lapangan, kumpulan data yang diperoleh dengan cara melakukan pengukuran langsung di lapangan.

Materi Webinar

Pamflet

WEBINAR – “BIG DATA FOR BUSINESS IMPLEMENTATION TOWARD AUGMENTED ANALYTICS”

WEBINAR – “BIG DATA FOR BUSINESS IMPLEMENTATION TOWARD AUGMENTED ANALYTICS”