KULIAH UMUM MAGISTER MANAJEMEN FEB UAD: NETNOGRAFI PENDEKATAN RISET DENGAN DATA SOSIAL MEDIA
Program Studi Magister Manajemen FEB UAD telah menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dalam rangka pembukaan kuliah semester Genap 2021/2022, dengan mengungkap tema “Netnografi Pendekatan Riset dengan Data Sosial Media“. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu 12Maret 2022 secara online melalui zoom meeting dan ditayangkan melalui akun Youtube Magister Manajeman FEB UAD. Peserta aktifitas kuliah umum meliputi dosen dan mahasiswa/i, Program Studi Magister Manajemen FEB UAD. Narasumber kegiatan tersebut adalah Bapak Dr. Lilik Wahyudi, M.Si (staf pengajar prodi Manajemen FEB Universitas Negeri Surakarta) dan Moderator oleh Dr. Zunan Setiawan. MM (staf pengajar prodi Magister Manajemen FEB UAD).
Dalam sambutannya Dr. Fitroh Adilla. MSi (Sekhetaris Prodi MM FEB UAD) mengungkapkan bahwa aktifitas Kuliah Umum di Prodi MM FEB UAD merupakan penunjang bagi dosen dan mahasiswa/I yang telah sesuai dengan visi misi dari Prodi MM dan Kuliah Umum yang telah berlangsung diharapkan juga dapat menjadi lahan ide bagi dosen dan mahasiswa/i yang sedang mempersiapkan tesis atau penelitian lain, sehingga semakin memotivasi bagi pengembangan pembaharuan diri dalam publikasi dan pengabdian. Tujuan dari aktifitas kuliah umum adalah agar para sivitas akademika memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penelitian berbasis pada kualitatif dengan integrasi rekomendasi empiris, teoretis, dan metodologis kekinian. Aktifitas kuliah umum berlangsung dengan diskusi dua arah antara narasumber dan peserta dengan tujuan agar terjalin komunikasi yang lebih mendalam.
Pemaparan materi diawali dengan penjelasan studi netnografi biasanya mengidentifikasi satu atau lebih domain online yang sesuai untuk pengumpulan data dan kemudian mengikuti apa yang terjadi pada domain yang dipilih untuk jangka waktu yang relatif singkat. Sebagian besar studi pemasaran netnografis dilakukan di forum diskusi online. Karena penggunaan internet telah berkembang dari waktu ke waktu, begitu pula domain pengumpulan data untuk netnografi. Misalnya, situs ulasan yang berbeda sekarang merupakan sumber informasi penting dan telah menjadi domain yang berguna untuk pengumpulan data dalam studi netnografi. Selain itu, seiring dengan tren media sosial yang terus berkembang, banyak situs jejaring sosial menjadi platform yang sangat menarik untuk penelitian netnografi misalkan situs jejaring sosial, seperti Twitter, YouTube, Instagram, Pinterest, dan Tumblr. Selain itu, aplikasi seluler, seperti Snapchat, WhatsApp, dan Facebook Messenger, menawarkan domain baru dan menarik untuk pengumpulan data netnografis. Setelah pemaparan materi oleh narasumber berakhir, sesi selanjutnya adalah diskusi antara narasumber dengan peserta. Seluruh peserta dapat menanyakan tentang apapun yang terkait dengan materi dan pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara mendetail oleh narasumber. Pada kesempatan tersebut, terlihat bahwa para peserta sangat antusias untuk melakukan diskusi dengan narasumber. Hal tersebut menunjukkan bahwa materi yang diberikan oleh narasumber cukup memotivasi para peserta.