Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960. Saat ini UAD memiliki mahasiswa lebih dari 21.000 orang yang tersebar pada  37 program studi (30 program studi S1, 1 program studi profesi dan 6 program studi S2). Dalam perkembangannya, UAD telah mencanangkan diri sebagai universitas yang bereputasi secara internasional dalam berbagai program akademik. Berbagai prestasi yang diperoleh selama ini menjadi salah satu alasan semakin tingginya kepercayaan masyarakat pada UAD.

Program Studi S2 Manajemen didirikan dengan tujuan memberikan kemanfaatan yang besar bagi institusi, masyarakat dan bangsa, khususnya manfaat terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. Kompetensi sumber daya manusia bidang ekonomi yang saat ini sangat dibutuhkan diantaranya di bidang perbankan dan pemasaran. Pembukaan Program Studi S2 Manajemen akan mendorong terjadinya peningkatan nation competitiveness.

Program Studi S2 Manajemen menggunakan metode pembelajaran yang berbasis pada studi kasus dan riset di berbagai bidang khususnya perbankan dan pemasaran. Karakteristik Program Studi S2 Manajemen di bidang perbankan dan pemasaran terkini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia Indonesia yang lebih professional.